K.P. SHK

Rekruitmen Project Coordinator RMU

Rotan adalah produk hutan bukan kayu. Indonesia salah satu penghasil rotan dunia. Dalam 5 tahun terakhir rotan Indonesia adalah pemasok kedua untuk manufaktur dan produk kerajinan Internasional.

Berbagai persoalan terutama kebijakan buka-tutup dan pembatasan (kouta) ekspor rotan Indonesia telah menyebabkan sektor rotan menjadi sektor yang lalai diperhatikan dalam sektor pengembangan ekonomi nasional. Padahal 30% dari masyarakat adat di Indonesia terutama yang tinggal di sekitar dan dalam hutan di Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan masih mengusahakan rotan sebagai sumber ekonominya.

Industri manufaktur dan kerajinan berbahan baku rotan sangat membutuhkan kepastian pasokan rotan mentah dari petani rotan yang berada di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan beberapa tempat lainnya yang potensial.

Sementara itu, dampak perubahan alih fungsi lahan dan hutan kepada peruntukkan lain terutama ke perluasan areal perkebunan sawit di Kalimantan telah menurunkan jenis, produksi, dan distribusi rotan.

RMU Project (Rattan Monitoring Unit Project) adalah sebuah inisiatif yang akan mendinamisir berbagai pontensi-potensi di sektor rotan untuk peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar dan dalam hutan, perubahan kebijakan kehutanan-perdagangan-industri, dan kepastian usaha (industri). RMU Project akan fokus bagaimana menjembatani semua pihak berkepentingan di sektor, terutama sebagai wadah komunikasi dan berbagi informasi berbasis Teknologi Informasi mutakhir bagi para pihak untuk memajukan sektor rotan.

Project Coordinator (PC)

RMU sebagai wadah komunikasi dan berbagi informasi para pihak di sektor rotan, untuk saat ini bersifat tidak mencari keuntungan dari jasa yang diberikan. Walau demikian bagian terpenting agar proyek satu tahun ini berjalan sesuai tujuan yang ingin dicapai, membutuhkan satu tenaga profesional di bidang komunikasi dan informasi perdanganan dan pengembangan komoditas rotan dengan syarat-syarat kemampuan dasar sebagai berikut:

  1. Kandidat PC harus memiliki kemampuan komunikasi verbal dan non verbal (tulisan) dengan semua pihak di sektor rotan (petani, pengrajin, pedagang, pemerintah daerah atau pusat dan pelaku industri kerajinan).
  2. Kandidat PC memiliki pengalaman dalam bidang rantai perdagangan komoditas hutan bukan kayu, khususnya rotan.
  3. Kandidat PC memiliki kemampuan dan kemauan memahami perkembangan teknologi informasi dan cukup menguasai teknologi informasi yang umum (pengguna web, pengguna e-mail, pengguna internet, pengguna aplikasi data base, dan aplikasi lainnya berkenaan dengan komputer IT).
  4. Kandidat PC memiliki kemampuan menganilisis informasi dan data dalam rantai perdagangan dan perubahan kebijakan kehutanan, perdagangan dan industri dari komoditas hasil hutan bukan kayu, khususnya rotan.
  5. Kandidat PC fasis berbahasa Inggris baik verbal maupun tulisan dengan baik (advance).
  6. Kandidat PC diutamakan yang berpengalaman kerja dibidang yang sama minimal 3 tahun dan berdomisili di Bogor.
  7. Kandidat berpenampilan menarik dan mampu menjaga performance diri yang meyakinkan.

Tanggung Jawab PC

  1. Mengkoordinasikan dialog, pertemuan, diskusi dan membentuk forum (rountable forum) parapihak di sektor rattan
  2. Mendisain satu saluran informasi dan komunikasi berbasis teknologi infromasi di sektor perdagangan rotan yang berupa informasi terpercaya dan akurat mengenani harga, produksi, distribusi yang dapat dimanfaatkan dan mudah diakses oleh semua pemangku kepentingan di sektor rotan, khususnya petani rotan.

Alamat Pengiriman Lowongan PC-RMU
Para kandidat PC-RMU dapat mengirimkan surat lamaran dan data pengalaman diri (curiculum vitae) ke alamat dibawah ini sebelum tanggal 30 Nopember 2009:

  1. Pengiriman postal ditujukan kepada Koordinator KpSHK, Jalan Sutiragen V No.14, Indraprasta, Bogor 16153, Jawa Barat-Indonesia.
  2. Pengiriman via e-mail ditujukan kepada Koordinator KpSHK dengan alamat e-mail: kpshk[at]kpshk.org dan di-cc-kan ke tjongpaniti[at]kpshk.org. Subject e-mail dituliskan dengan kode: PC-RMU-1109.

Catatan
Pelamar PC-RMU yang sesuai kriteria akan dipanggil 2 hari setelah batas akhir waktu pengiriman untuk ketahap interview.

Leave a Reply

Lihat post lainnya