K.P. SHK

Rattan e-Farmers

Rattan e- Farmers”, yaitu peningkatan kapasitas penguasaan optimal teknologi informasi bagi Para Pelaku Rotan.  Terdiri dari petani, pengrajin, pedagang pengumpul, pemerintah, swasta, dan lembaga masyaraakat. Dari Lokal untuk Global.

Kemajuan nilai ekonomi komoditas yang diusahakan oleh komunitas pinggir hutan bergantung dengan komunikasi yang baik antar pelaku seperti petani, pengrajin, pedagang, dan penentu kebijakan komoditas tersebut. Rotan sebagai komoditas komunitas pinggir hutan (masyarakat adat) di kabupaten Katingan pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya,  penting untuk memajukan produksi, pengolahan dan pemasaran demi adanya peningkatan nilai tambah yang nantinya memberikan kesejahteraan kepada para pelaku sektor rotan.

Dari Lokal untuk Global
Komunikasi antarpelaku rotan (jejaring komunikasi) menjadi kunci kemajuan sektor rotan. Untuk itu, dalam era kemajuan teknologi informasi seperti saat ini, jejaring komunikasi, mau tidak mau, perlu melihat, menelaah dan menggunakan kemutahiran teknologi informasi yang ada. Optimalisasi penggunaan teknologi informasi (e-mail, internet, sms, mobilephone, dll.) dalam jejaring komunikasi ini menjadi penting, karena hampir semua produk komoditas tidak hanya untuk pemenuhan kebutuhan lokal tetapi juga global. Dari lolak untuk global.

Selain itu, jejaring komunikasi di sektor rotan terutama tentang kondisi terkini produksi, pengolahan dan pemasaran tidak diketahui secara pasti oleh para pelaku sektor, sehingga muncul pretensi ada penguasaan informasi rotan di salah satu kelompok pelaku rotan.

Dalam Kalteng Expo 2011 yang diadakan pada bulan Mei 2011 yang lalu, hampir semua kabupaten di Kalteng memamerkan komoditas rotan (rotan bahan mentah, rotan setengah jadi dan kerajinan-mebel rotan). Untuk itu Kalteng menjadi tempat yang tepat untuk memperbaiki jejaring komunikasi komoditas rotan untuk kepentingan para pelaku sektor rotan.

Rattan e-Farmers
KpSHK (Konsorsium pendukung Sistem Hutan Kerakyatan), POKKER SHK (Kelompok Kerja Sistem Hutan Kerakyatan) Palangkaraya dan Dinas Kehutanan Kabupaten Katingan berinisiatif merealisasikan peningkatan mutu komunikasi antarpelaku rotan serta jejaring komunikasi komoditas rotan dikaitkan dengan kemajuan teknologi informasi.

Kegiatan ini selanjutnya disebut “Rattan e-Farmers”, yaitu insiatif bersama untuk  melakukan peningkatan kapasitas melalui Pelatihan Penguasaan Optimal Teknologi Informasi bagi Para Pelaku Rotan.

Tujuan dari pelatihan Rattan e-Farmers ini adalah untuk memberikan pengetahuan dasar penggunaan teknologi informasi agar tercapai penguatan jejaring komunikasi antarpelaku rotan sehingga terjadi peningkatan nilai tambah rotan di tingkat produksi, pengolahan dan pemasaran.

Peserta ” Rattan e-Farmers” di Katingan terdiri dari petani, pengrajin, pedagang (pengumpul), Dinas Perindustrian, Dinas Kehutanan dan perusahaan daerah.

Masing-masing peserta memiliki aktivitas terkait dengan komoditas rotan dan akan berjejaring dengan pelaku rotan lainnya.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 22-23 Juni 2011 Balai Desa, Petak Bahandang, Kecamatan Tasik Payawan, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Pelaksana kegiatan adalah Pokker SHK dan Perhimpunan Teropong yang di dukung sepenuhnya oleh KpSHK (Program Rattan Monitoring Unit).

One thought on “Rattan e-Farmers

  1. Semangat lokal untuk global,
    Bangkitkan Rotan Alam kita!!!
    Sejahterakan Masyarakat Tani kita!!!
    Lindungi Hutan kita!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat post lainnya