K.P. SHK

Menggabungkan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pasar Karbon

Kerjasama Pasar Karbon dan Perhutanan Sosial dalam penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) melalui skema perhutanan sosial

Pasar karbon telah berkembang menjadi salah satu alat penting untuk menangani masalah perubahan iklim. Konsep perdagangan karbon mengacu pada mekanisme negosiasi dan pertukaran hak emisi gas rumah kaca (GRK). Di sisi lain, perhutanan sosial memberikan izin kepada masyarakat lokal untuk mengelola sumber daya hutan. Kegiatan pengelolaan sumber daya hutan tersebut mampu membantu kegiatan perdagangan karbon untuk mengurangi emisi gas rumah kaca kaitannya dalam meningkatkan penyerapan gas rumah kaca dengan berjalannya skema perhutanan sosial.

Penurunan emisi berbasis proyek adalah salah satu mekanisme pasar karbon yang paling umum. Dengan bantuan program ini, proyek yang meningkatkan penyerapan karbon atau mengurangi emisi GRK dapat menghasilkan kredit karbon yang dapat dijual. Selanjutnya, negara atau perusahaan yang ingin memenuhi tujuan penurunan emisi atau mengkompensasi emisi mereka dapat membeli kredit karbon ini.

Sebaliknya, perhutanan sosial menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat lokal dalam pengelolaan hutan dan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan. Metode ini melibatkan komunitas lokal menerima akses, penggunaan, dan pengelolaan sumber daya hutan. Perhutanan sosial bertujuan untuk menjaga penggunaan dan konservasi hutan yang berkelanjutan serta meningkatkan kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitarnya dengan memberikan kontrol kepada masyarakat lokal.

Perhutanan sosial dan pasar karbon dapat bekerja sama. Masyarakat lokal yang terlibat dalam perhutanan sosial dapat mengembangkan proyek yang mengurangi emisi gas rumah kaca atau meningkatkan penyerapan karbon melalui skema penurunan emisi berbasis proyek. Misalnya, mereka dapat menerapkan strategi agroforestri yang menggabungkan pertanian dengan penanaman pohon, atau mereka dapat menjaga kelestarian hutan melalui pengelolaan hutan yang berkelanjutan.

Dalam hal ini, pasar karbon dapat memberikan insentif moneter kepada masyarakat lokal untuk memulai proyek. Proyek perhutanan sosial dapat menjual kredit karbon ke pasar karbon, yang kemudian mengembalikan uang kepada masyarakat lokal yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membangun infrastruktur, pendidikan, atau program pengembangan ekonomi berkelanjutan.

Selain itu, pasar karbon dapat membantu pemerintah dan organisasi internasional mendukung perhutanan sosial. Melalui skema pasar karbon, mengakui peran perhutanan sosial dalam mitigasi perubahan iklim dapat membantu memperkuat kebijakan dan perlindungan hukum bagi komunitas lokal yang terlibat dalam perhutanan sosial.

Perhutanan sosial dan pasar karbon dapat saling menguntungkan. Pasar karbon dapat memberikan insentif moneter kepada komunitas lokal yang terlibat dalam perhutanan sosial dengan menggabungkan perlindungan lingkungan dengan pemberdayaan masyarakat. Dengan demikian, perhutanan sosial dapat menyediakan proyek yang mengurangi emisi gas rumah kaca atau meningkatkan penyerapan karbon. Sinergi ini dapat bermanfaat untuk pembangunan berkelanjutan dan mitigasi perubahan iklim. Untuk mencapai tujuan bersama dalam melindungi lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal, pemerintah, lembaga internasional, dan masyarakat harus bekerja sama untuk mengembangkan dan menerapkan model yang menggabungkan pasar karbon dengan perhutanan sosial.

Penulis : Alma-KpSHK

Editor : Asykin-KpSHK, Tiara-KpSHK

Leave a Reply

Lihat post lainnya