Konsorsium Pendukung Sistem Hutan Kerakyatan

Rakyat Menyelamatkan Hutan
27
May

Kalteng Expo 2011 Pamer Rotan

Kalteng Expo adalah acara tahunan pemameran produk-produk unggulan dari masing-masing kabupaten di Propinsi Kalimantan Tengah. Acara yang berlangsung selama empat hari ini (19-23 Mei 2011) bertujuan untuk lebih memperkenal kemajuan-kemajuan ekonomi berbasis produk unggulan daerah di Kalimantan Tengah.

Kalteng Expo 2011 juga sebagai acara peringatan hari jadi Propinsi Kalimantan Tengah yang ke-54. Acara dengan tema “Dari Lokal untuk Global” ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalteng, Agustin Teras Narang, dengan sekaligus Sang Gubernur menjadi reporter khusus yang ke-194 dari RRI.

Acara yang bertempat di Gedung Tambun Bungai di Palangkaraya tersebut diikuti oleh seluruh kabupaten di Kalimantan Tengah.

Kerajinan dan Mebel Rotan

Rotan Kalimantan Tengah sedari dulu menjadi andalan daerah. Dalam Kalteng Expo 2011 hampir semua kabupaten menampilkan produk-produk berupa hasil kerajinan dan mebel rotan. Ada bebarapa kabupaten yang secara khusus mendominasikan produk rotan sebagai produk andalan daerah yaitu Kabupaten Katingan, Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Pulang Pisau.

“Kabupaten Katingan dari visi sudah bicara rotan, jadi yang kami pamerkan produk-produk rotan. Dengan perusahaan daerah kami kembangkan mebel rotan,” jelas penjaga stand Kabupaten Katingan dalam Kalteng Expo 2011 (23/5).

Begitu pula dengan Kabupaten Barito Utara yang juga memamerkan hasil perkebunan kelapa sawit sebagai produk pertanian unggulan, rotan juga menjadi komoditas unggulan kedua di Barito Utara.

“Hasil perkebunan banyak, utama sawit. Rotan, sudah mulai dikembangkan jadi kerajinan dan mebel oleh kelompok tani dan perusahaan keluarga di Barito Utara,” tutur penjaga stand Kabupaten Barito Utara yang letak standnya di sudut utara Gedung Tambun Bungai.

Rotan Expo

Areal Kalteng Expo 2011 terbagi dua bagian. Bagian pertama, Gedung Tambun Bungai ditempati oleh peserta dari masyarakat dan pengrajin-pengrajin. Dan bagian kedua adalah halaman gedung yang berderet-deret dari stand-stand dari kabupaten se-Kalimantan Tengah.

“Di dalam gedung atau luar sama produknya. Yang nampak mencolok barang-barang dari rotan. Dan murah-murah harga dibanding di toko-toko,” tutur Lilik, seorang pengunjung Kalteng Expo 2011.

Tema “Dari Lokal untuk Global” dari Kalteng Expo 2011 tersebut sangat erat kaitannya dengan Kalimantan Tengah yang menjadi perhatian dunia dalam isu perubahan iklim. Kalteng Expo 2011 seolah-olah menggambarkan pilihan pengembangan ekonomi berbasis komoditas di masa datang. Rotan yang sudah lama dapat dibudidayakan oleh masyarakat menjadi salah satu pilihannya.

“Walau batu bara, bahan tambang lain dan kelapa sawit masih menjadi sektor andalan kabupaten-kabupaten, melihat produk rotan yang banyak dipamerkan di stand-stand itu, saya rasa rotan bisa jadi produk unggulan,” ujar Imam, Direktur Program dan Produksi Borneo TV, menilai maraknya produk rotan yang dipamerkan di stand-stand kabupaten. (tJong)

1 Response

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...