K.P. SHK

Earthood Kunjungi TPS Bibit Kahayan Hilir untuk Restorasi dan Karhutla

Kawasan hutan lahan gambut adalah ekosistem penting dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Lahan gambut menyimpan 20 kali karbon lebih banyak dari hutan hujan tropis tanah mineral. Pengelolaan Terpadu Ekosistem Hutan Gambut (PTEHG) di Kahayan Hilir salah satu tujuannya  program perlindungan dan restorasi hutan gambut dari deforestasi dan degradasi hutan akibat kebakaran hutan dan lahan dan perubahan fungsi hutan yang besar pada tahun 2015 dan 2019.

Tim Earthood melakukan kunjungan monitoring di 4 LPHD TPS Bibit yang nantinya bibit digunakan rehabilitasi lahan gambut di 4 kawasan Hutan Desa Gohong, Hutan Desa Kalawa, Hutan Desa Mantaren I, dan Hutan Desa Buntoi di Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah dengan luas 3.551 hektar dari total luas Hutan Desa 16.245 hektar.

Tetap konsisten menjalankan berbagai upaya untuk mencegah karhutla, KPSHK melakukan monitoring, penetapan kebijakan, pencegahan, dan bekerja sama dengan pemerintahan. Pada tahun 2023, KPSHK sudah memobilisasi tim TPK dan TPH Karhutla LPHD melakukan mitigasi kejadian karhutla dengan meningkatkan upaya-upaya pengendalian karhutla dengan melaksanakan patroli terpadu, pembangunan menara pantau api dan sekat kanal, monitoring online, dan pemberdayaan masyarakat lokal yang berada di wilayah rawan Karhutla.

KPSHK telah melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki ekosistem gambut 4 HD . Tiap TPS LPHD di 4HD telah disiapkan beberapa jenis pohon yaitu Balangeran (Shorea balangeran), Jelutung (Dyera lowii), Pulai (Alstonia spatulata) dan jenis tanaman MPTS yaitu Gemor (Nothaphoebe coriacea), Paken (Durio kutejensis).  Pemilihan jenis pohon yang akan ditanam pada areal tanam merupakan hasil dari kegiatan CCB KPSHK pengumpulan data dan dianalisa sebagai tanaman asli dan daya hidup di hutan gambut.

Diharapkan hasil manfaat dari restorasi dari dampak karhutla ini membantu meningkatkan kembali keanekaragaman hayati di darat dan air, memiliki sumber cadangan karbon yang menghasilkan produksi dan potensi besar, mengupayakan keseimbangan ekosistem terjaga sebagai langkah keberlanjutan dalam pemanfaatan sumber daya alam sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat lokal untuk masa yang akan datang.

“Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera”, ujar Ketua LPHD Gohong Yanto L Adam menyerukan slogan tersebut seusai menanam bibit pohon Pantung/Jelutung bersama Tim Earthood

Keramahan, keterbukaan dan antuasis tim KPSHK dan LPHD Gohong menyambut kunjungan tim Earthood di TPS LPHD Gohong membuat kedekatan yang erat dalam kegiatan monitoring, evaluasi tersebut. Dipenghujung akhir monitoring, KPSHK mengajak Earthood melakukan penanaman bibit pohon Pantung/ Jelutung sebagai simbol kenang-kenangan dan semangat untuk tim di TPS LPHD Gohong.

Penulis : Aris M

Editor : Alma Tiara

Sumber :

KPSHK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat post lainnya