K.P. SHK

Minyak Kepayang Dari Hutan Nagari

KPK Mabuk Kepayang? Anda pasti pernah mabuk  kepayang. Ungkapan “mabuk kepayang” dalam bahasa Melayu maupun bahasa Indonesia digunakan untuk menggambarkan keadaan seseorang yang sedang jatuh cinta.

Mabuk Kepayang
Bukan Mabuk Cinta

Anda ingin mabuk kepayang meski tidak sedang jatuh cinta sekalipun? Datanglah ke KPK Buluh Kasok di Jorong Buluh Kasok Nagari Padang Air Dingin Kec.Sangir Jujuan, Kab.Solok Selatan, Sumatera Barat.

Anda punya teman di KPK? Anda mau jadi anggota KPK? Datanglah ke KPK Buluh Kasok.

Jangan bayangkan kalau KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) bisa mengusut ijin 13 Perusahaan Tambang Besar di Solok Selatan, dan berkeliarannya PETI (Petambang Emas Tanpa Ijin) dengan Escavator raksasanya yang melenggang masuk kedalam kawasan hutan konservasi dan hutan lindung tanpa terjamah hukum, yang beberapa disinyalir sebagai ATM para caleg DPR.

Jangan bayangkan Cherrybelle beramai-ramai ke bulan naik Delman atau Onta. KPK disini adalah akronim dari Kelompok Pengolah Kepayang di Hutan Nagari terutama Nagari Padang Air Dingin, Nagari Padang Gantiang, dan Nagari Lubuk Gadang Utara di Solok Selatan. Syarat menjadi anggotanya sama harus anti korupsi.  KPK Buluh Kasok juga bisa memberantas korupsi yang biasa  masuk bersama investor perkebunan dan pertambangan dengan cara menolak menggunakan CPO.

Karena sawit yang bukan tumbuhan asli indonesia itu disebut-sebut sebagai tanaman perkebunan yang bisa merusak Hutan Nagari, berbeda dengan Pohon Kepayang yang justru sangat mendukung konservasi lahan.

Di hutan nagari hasil hutan bukan hanya kayu. Beragam HHBK (hasil hutan bukan kayu) dijumpai di beberapa hutan nagari di Solok Selatan ini, selain berupa obat-obatan, buah-buahan, bahkan rempah-rempah asli Nusantara. Kepayang atau Pangium edule merupakan jenis pohon asli yang tumbuh di hutan alam Sumatera termasuk di kawasan hutan nagari di Solok Selatan ini yang diklaim sebagai kawasan TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat) dan Hutan Lindung Batang Hari.

Kepayang sejenis pohon kayu bernilai ekonomi tinggi termasuk klasifikasi pertukangan. Pohon Kepayang memiliki perakaran yang cocok untuk pohon pelindung dan penghijuan di daerah aliran sungai.

Bijinya, mengandung antara lain vitamin C, ion besi, betakaroten, dan lain-lain. Untuk menghilangkan kandungan asam sianida dalam bijinya, Buah Kepayang yang telah matang dan jatuh dari pohon dikumpulkan dalam satu karung dan dibiarkan basah oleh air hujan atau direndam dalam air selama 10-14 hari, kemudian direbus.

Para ibu yang biasa masak di dapur dan  pecinta rempah-rempah asli nusantara pasti kenal dengan yang satu ini Kepayang, ibu-ibu di daerah lain  menyebutnya kluwek, keluwek, kluak, keluak, picung, atau pucung. Kalau anda datang ke Jawa Timur pasti disuguhi berbagai kuliner khas diantaranya Rawon, resep bumbu  dapur yang digunakan yaitu Kepayang ini.

Masyarakat Adat yang berada di Koridor TNKS & Hutan Lindung di Solok Selatan bahkan mengolah Biji Kepayang menjadi minyak sayur / minyak goreng. Masyarakat tidak perlu membeli minyak sawit, terutama para anggota KPK (Kelompok Pengolah Kepayang).

KPK Buluh Kasok, KPK Buluh Kasok Nawah di Jorong Buluh Kasok di Nagari Padang Air Dingin, KPK Sirumbuk di Nagari Padang Gantiang Kec.Sangir Jujuan. KPK Bariang di Nagari Lubuk Gadang Utara KPK Muara Labuh di Kec. Sei Pagu.

Berdasarkan data ICS (Institution Conservation Society) salah satu mitra lokal KpSHK di Solok Selatan, Direktur ICS Salpayanri menjelaskan “KPK Buluh Kasok yang berada di Jorong Buluh Kasok di Nagari Padang Air Dingin Kecamatan Sangir Jujuan, dalam 1 tahun mampu mengolah 6 ton Biji Kepayang menjadi 500 kg minyak goreng”, produksi ini mencukupi kebutuhan seluruh anggota KPK.

ICS yang mendampingi KPK ini telah menciptakan alat sederhana untuk memeras Biji Kepayang setelah melalui beberapa tahapan proses sebelumnya menjadi Minyak Goreng. Minyak Goreng Kepayang ini sehat rendah kolesterol dan sudah dibuktikan dan terbukti aman dikonsumsi.

Usaha ini perlu diapresiasi sebagi bentuk gerakan kita mendukung konservasi hutan, dan gerakan nyata menyetop ekspansi perkebunan kelapa sawit di nusantara.

Foto KpSHK. Minyak Kepayang hasil olahan KPK
Foto KpSHK. Minyak Kepayang hasil olahan KPK

Bersama Niniak Mamak, Bundo Kanduang, ayo dukung KPK! Anda siap mabuk kepayang? Atau tetap konsumer CPO?

(inal)

 

9 thoughts on “Minyak Kepayang Dari Hutan Nagari

    1. Uda Fauzhan yang baik,
      Terimakasih atas kepeduliannya terhadap lingkungan. Awalnya kami mengenal Pasaman Barat penghasil buah-buahan khas indonesia, seperti nanas, salak, durian, dll.

      Namun kini kita hanya bisa menjumpai pemandangan perkebunan sawit disetiap daerahnya.
      Jika tertarik dengan tanaman pengganti sawit bisa menghubungi Kantor Lingkungan Hidup Kab.Pasaman Barat sebagai sumber awal informasi.

      Salam adil dan lestari.

    1. Bung Fydel Setiadi yang baik,

      Terimakasih atas responnya terhadap tulisan di web kami.
      Tulisan ini real diangkat dari lapangan di KPK (Kelompok Pengolah Kepayang) Buluh Kasok di Jorong Buluh Kasok Nagari Padang Air Dingin Kec.Sangir Jujuan, Kab.Solok Selatan, Sumatera Barat.
      Tentunya kami punya kontak personnya langsung, silakan kirimkan surat kepada kami email ke : kpshk@kpshk.org

      Supaya anda tidak mabuk kepayang he..he..
      Salam hangat selalu

  1. Saya sangat tertarik dengan tulisan ini. Saya mengharapkan bantuan dari admin dan sudah saya emailkan ke alamat yang admin berikan. Bantuan admin sangat saya harapkan, dan jangan sampai membuat saya mabuk kepayang hehehe.
    Salam hangat selalu
    dari anak minang yang merantau ke tanah melayu

    1. Bung Fydel Setiadi yang mabuk kepayang,

      Di Solok Selatan kami punya mitra yeng mendampingi KPK (Kelompok Pengelola Kepayang) diantaranya KPK Buluh Kasok di Jorong Buluh Kasok Nagari Padang Air Dingin Kec.Sangir Jujuan, Kab.Solok Selatan, sesuai yang kami tulis di :
      http://kpshk.org/artikel/read/2014/02/20/2225/dukung-kpk-di-hutan-nagari.kpshk

      Kontak Mitra pengelola KPK, sudah kami balas via email.

      Salam untuk UNRI (Universitas Riau), salam sukses selalu

  2. Admin yang buat saya jadi mabuk kepayang

    Terima kasih atas bantuan yang diberikan, kontak mitra tersebut sudah saya terima.

    Sukses selalu utk KpSHK dalam menjalankan misinya

Leave a Reply

Lihat post lainnya