Wirausahawan Petani Milenial

Wirausahawan Petani Milenial Lombok Timur Bergerak
10
Dec

Wirausahawan Petani Milenial Lombok Timur Bergerak

Membangkitkan Wirausahawan Petani Milenial

 

Memperkuat kelompok tani perempuan dan pemuda di Lombok Timur dalam aspek kewirausahaan dan manajemen usaha melalui analisis kelayakan, pengembangan rencana bisnis dan inovasi produk dan pemasaran. Meningkatkan wawasan perwakilan kelompok petani perempuan dan generasi muda dalam penyusunan rencana usaha tani dan memiilki pengetahuan terhadap skema bisnis yang inklusif, terstruktur dan komprehensif.

 

ECHO Green KpSHK Lombok Timur bersama Kelompok Tani Milenial dan Kelompok Tani Perempuan  mengadakan Pelatihan Kewirausahaan dan Pengelolaan Usaha Pertanian Berbasis Masyarakat” dengan Tenaga Ahli dan narasumber Mrr. Lukie Trianawati, STP., MSi. yang juga Dosen  Sekolah Vokasi IPB (Mataram, 9-10 Desember 2021).

 

 

Lukie Trianawati (45 th) didampingi Sub District Coordinator dan Tenaga Ahli Pertanian Lokal ECHO Green KpSHK Lombok Timur membangun pola pikir wirausaha para petani milenial dan perempuan tani, menganalisa potensi usaha yang direncanakan, perencanaan usaha sektor pertanian, menyusun perencanaan bisnis sederhana  mengacu model ekonomi hijau, menyusun analisis pasar dan strategi pemasaran, menyusun komponen kebutuhan biaya produksi, hingga analisis kelayakan usaha (Laba, BEP, NPV) dengan format sederhana.

 

“Promoting Green Economic Initiatives by Women and Youth Farmer in The Sustainable Agriculture Sectors in Indonesia (ECHO Green)” dilaksanakan secara konsorsium oleh Penabulu sebagai lead bersama mitra pelaksana yaitu ICCO Cooperation, Konsil LSM dan KpSHK bertujuan untuk mempromosikan inisiatif ekonomi hijau oleh petani perempuan dan generasi muda di sektor pertanian berkelanjutan dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian, ketahanan pangan, kesempatan kerja yang layak dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

 

 

Kegiatan utama dari proyek ini adalah: (1) Untuk memperkuat efektivitas keterlibatan perempuan dan pemuda dalam tata ruang desa dan tata guna lahan, (2) Meningkatkan praktik pertanian berkelanjutan kelompok tani perempuan dan pemuda di 3 kabupaten sasaran di 3 provinsi di Indonesia; Padang Pariaman (Sumatera Barat), Grobogan (Jawa Tengah) dan Lombok Timur (Nusa Tenggara Barat) periode Januari 2020 hingga Desember 2022.

 

 

Peserta yang hadir telah memenuhi persyaratan sesuai Protokol Covid19 dan Kebijakan PPKM wilayah.

 

Proyek ini didanai bersama @uni_eropa. Konten ini sepenuhnya tanggung jawab ECHO Green dan bukan mencerminkan pendapat/pandangan Uni Eropa.

 

#Aftrinal (KpSHK)

 

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...