Hari Tani Nasional Momentum Generasi Muda Menerapkan Model Pertanian Inovatif

Hari Tani Nasional Momentum Generasi Muda Menerapkan Model Pertanian Inovatif
19
Sep

Hari Tani Nasional Momentum Generasi Muda Menerapkan Model Pertanian Inovatif

Menyongsong Hari Tani Nasional sebagai Momentum bagi Generasi Muda di Lombok Timur menerapkan Model Pertanian Inovatif yang Ramah Lingkungan dan Menjanjikan

 

Menyambut Hari Tani Nasional (24 September 2021) di Lombok Timur, ECHO Green melaksanakan kegiatan “Pelatihan Teknis di Tingkat Kecamatan tentang Model Praktik Pertanian Ramah Lingkungan, Inovatif dan Menjanjikan untuk Kelompok Petani Perempuan dan Pemuda”. Pelatihan dilaksanakan di tingkat kecamatan (17-18 September 2021) di Sambelia. Kegiatan yang sama akan dilakukan di Kecamatan Sembalun (21-22 September 2021) dan Suela (24-25 September 2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Kelompok Tani Milenial dan Kelompok Tani Perempuan dari 25 desa, serta pemerintahan desa dan Penyuluh  Pertanian yang dilaksanakan secara serial (11 Desa di Sambelia, 6 Desa di Sembalun dan 8 Desa di Suela) didampingi oleh Tenaga Teknis Lokal Pertanian ECHO Green Lombok Timur dan difasilitasi oleh Subdistrict Coordinator ECHO Green Lombok Timur.

 

 

ECHO Green Lombok Timur bersama SDC (Subdistrict Coordinator) dan Tenaga Teknis Lokal Pertanian sejak awal 2021 telah melakukan serangkaian pertemuan dan pengorganisasian Kelompok Tani Perempuan dan Kelompok Tani Muda, ditindaklanjuti diantaranya dengan Pelatihan Teknis di Tingkat Kecamatan tentang Model Praktik Pertanian Ramah Lingkungan, Inovatif dan Menjanjikan untuk Kelompok Petani Perempuan dan Pemuda di Lombok Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas generasi muda tani dan perempuan, menyadari tentang ekonomi hijau  sebagai basis penghidupan berkelanjutan serta mendorong kolaborasi dengan pemerintah, kelompok masyarakat lainnya dan pihak swasta di Lombok Timur.

Kegiatan diselenggarakan oleh KpSHK sebagai anggota konsorsium dari Penabulu yang melaksanakan Program ECHO GREEN (2020 – 2022) atas dukungan Uni Eropa, yaitu mempromosikan Inisiatif Ekonomi Hijau oleh Petani Perempuan dan Pemuda dalam sektor Pertanian Berkelanjutan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, ketahanan pangan, peluang kerja yang layak dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif menuju pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) diantaranya Zero Hunger (SDG-2), Kesetaraan Gender (SDG-5), Pekerkjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (SDG-8) di Indonesia.

 

 

Peserta telah mematuhi Protokol Kesehatan Pandemi Covid19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah, diantaranya pembatasan jumlah peserta, memastikan kesehatan peserta, mengukur suhu badan sebelum mengikuti pelatihan, memakai masker dan menjaga jarak selama pertemuan.

Kelompok petani perempuan dan pemuda berharap kegiatan ECHO Green di Lombok Timur ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilannya tentang praktek pertanian yang baik dan ramah lingkungan serta memberikan nilai ekonomi tinggi bagi keluarga petani.

 

 

Maka Kelompok Tani Milenial dan Kelompok Tani Perempuan di Lombok Timur menjadikan Hari Tani Nasional ini sebagai momentum bersama menerapkan model pertanian inovatif yang ramah lingkungan dan menjanjikan.

 

Berita Terkait:

Peringati Hari Tani Nasional, Program Echo Green Gelar Pelatihan Teknis Pertanian di Lotim

https://www.selaparangnews.com/2021/09/peringati-hari-tani-nasional-program.html

 

Program Echo Green Latih Kelompok Tani Agar Lebih Inovatif

Program Echo Green Latih Kelompok Tani Agar Lebih Inovatif

 

 

Disclaimer: Proyek ini didanai bersama Uni Eropa. Konten ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab ECHO Green dan bukan mencerminkan pendapat/pandangan Uni Eropa.

 

Sumber: SDC dan TA ECHO Green Lombok Timur

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...