Petani Milenial Sukses Bareng

Petani Milenial Sukses Bareng
07
Apr

Petani Milenial Sukses Bareng

Setelah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Echo Green, pengalaman pelatihan membawa ide – ide yang akan saya lakukan di desa, saya mencobanya di kampung saya sendiri yaitu di Dusun Batu Sela Desa Dara Kunci” ujar Zainul Haris yang akrba dipanggil Zainul, pemuda yang menjabat sebagai Ketua Kelompok Tani Milenila di Desa Dara Kunci, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur.

 

 

Pelatihan yang dimaksud Zainul diantaranya pelatihan menggali potensi desa sebagai input pemanfaatan ruang wilayah desanya, selain pelatihan non formal atas dampingan Tenaga Teknis Pertanian Lokal ECHO Green. Menurutnya potensi yang ada di Dusun Batu Sela Desa Dara Kunci Kecamatan Sambelia, sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pertanian yang fokus pada tanaman cabai, tembakau, padi dan jagung. Zainul selaku petani milenial ini selalu aktif mulai dari perencanaan, penggalian potensi desa dengan konsep Ekonomi Hijau yang dilaksanakan oleh Echo Green di desanya.

 

Selanjutnya Zainul membentuk komunitas, menurutnya untuk bertukarpikiran dan memberikan motivasi era digital. Saya mengumpulkan petani–petani muda yang ada di dusun saya, kurang lebih berjumlah 15 orang, yang usianya rata- rata 1930 tahun” jelas Zainul.

 

 

Dalam forum-forum diskusi Zainul mengajak komunitasnya berbagi pengalaman dan mencari solusi dari kondisi tanaman yang mereka budidayakan saat ini. “Hasil diskusi kami membentuk sebuah komunitas yang kami beri julukan PETANI MILENIAL SUKSES BARENG, yang fokus di bidang budidaya cabai” kenang Zainul Haris.

 

Segala puji bagi Tuhan, bertepatan pada tahun ini (April 2021) harga cabai sangat melambung tinggi yang membuaat para petani milenial di kampung saya berhasil dan banyak yang membangun rumah. Diantara teman-teman petani milenial ada yang mendapatkan 25 juta per minggu” demikian disampaikan Zainul dalam video yang ia buat sendiri.

————————————————————————————-

 Proyek ini didanai bersama Uni Eropa. Konten ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab ECHO Green dan bukan mencerminkan pendapat/pandangan Uni Eropa.

 

#KpSHK/ECHO Green-Lombok Timur

 

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...