Peran Petani Perempuan dan Petani Milenial

Peran Petani Perempuan dan Petani Milenial
23
Mar

Peran Petani Perempuan dan Petani Milenial

Penguatan Peran Petani Perempuan dan Petani Milenial

ECHO-Green program yang didukung oleh Uni Eropa untuk mempromosikan inisiatif ekonomi hijau oleh petani perempuan dan generasi muda di sektor pertanian dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian, ketahanan pangan, kesempatan kerja yang layak dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif guna mendukung pencapaian SDG-2, SDG-5, dan SDG-8 di Indonesia.

Upaya peningkatan kapasitas kelompok petani perempuan dan pemuda dalam mempromosikan inisiatif ekonomi hijau di sektor pertanian melalui upaya kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, masyarakat dan sektor swasta sehingga dapat efektif dalam meningkatkan praktek pertanian berkelanjutan.

Program ECHO Green di Lombok Timur yaitu di Kecamatan Sembalun, Sambelia dan Suela ini sejalan dengan visi pembangunan daerah Kabupaten Lombok Timur (RPJMD 2018-2023) yaitu “Lombok Timur yang Adil, Sejahtera dan Aman”,  dengan misi menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat yang bertumpu pada pengembangan potensi lokal melalui sinergi fungsi-fungsi pertanian, peternakan, perdagangan, perikanan, kelautan, pariwisata dan sumberdaya lainnya, serta upaya memperkuat pemberdayaan perempuan dan meningkatkan pembinaan pemuda.

Mari bersama-sama kita awali dengan mengidentifikasi Kelompok Tani Perempuan (KTP) dan Kelompok Tani Milenial (KTM) yang potensial didorong untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya tentang praktek ekonomi hijau. Selanjutnya bersama-sama mendorong peningkatan kapasitas KTP dan KTM dalam mempromosikan inisiatif ekonomi hijau di sektor pertanian melalui kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, masyarakat dan sektor swasta.

Kita harapkan bersama perempuan dan generasi muda tani akan bangkit sektor pertanian dari hulu ke hilir di desa yang berkontribusi pada pencapaian Desa Tanpa Kelaparan (SDG-2), Desa Ramah Perempuan (SDG-5), dan Desa Ekonomi Hijau (SDG-8).

———

Proyek ini didanai bersama Uni Eropa. Konten ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab ECHO Green dan bukan mencerminkan pendapat/pandangan Uni Eropa.

#ECHO Green Lombok Timur
#KpSHK/SHK-NTB

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...