Perempuan dan Pemuda Lombok Timur bersama-sama Menyusun Peta Sumber Daya Alam

Perempuan dan Pemuda Lombok Timur bersama-sama Menyusun Peta Sumber Daya Alam
07
Dec

Perempuan dan Pemuda Lombok Timur bersama-sama Menyusun Peta SDA

Perempuan dan Pemuda di Lombok Timur bersama-sama Menyusun Peta Sumber Daya Alam di Desa


ECHO GREEN terus memperkuat keterlibatan perempuan dan pemuda dalam pembangunan desa di bawah tatanan desa yang baru dimana berdasarkan Undang-Undang Desa bahwa pemerintah desa memiliki wewenang untuk Menyusun Rencana Tata Ruang Desa dan Rencana Tata Guna Lahan Desa yang terintegrasi.

KpSHK dalam program ECHO Green ini telah mengasistensi teknis proses pembuatan peta dan dokumen usulan Rencana Tata Ruang Wilayah Desa untuk pengembangan pembangunan desa. Ini akan memperkuat data dan informasi yang telah diperoleh dalam mensinergiskan program pemerintah daerah mendorong perempuan dan pemuda mengembangkan pertanian berkelanjutan.

Sub District Coordinator (SDC) KpSHK ECHO Green Lombok Timur yang selalu mendampingi di lapangan bersama pemuda dan perempuan di 25 desa dalam 3 kecamatan yaitu Kecamatan Sambelia, Kecamatan Suela dan Kecamatan Sembalun, yang tergabung dalam Tim Pemetaan Desa (TPD) didampingi oleh tenaga ahli GIS dan Land-Use Planning telah melaksanakan tahapan pengumpulan data, analisis data, dan FGD atau konsinyasi, dan pengecekan lapangan.

TPD, SDC bersama pemdes dan tim ahli dalam tahapan persiapan telah mengumpulkan data primer dan data sekunder serta melakukan analisis data dari sisi kebijakan dan spasial (ruang), melalui wawancara dan diskusi dengan pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pemerintah kecamatan, pemerintah desa, tokoh masyarakat, Badan Perwakilan Desa (BPD), serta tenaga ahli yang terlibat, analisa data spasial dan dokumen kebijakan, diksusi, hingga membuat peta sketsa pada peta kerja, dilengkapi dengan Input Data Desa berupa Potensi, Peluang, Masalah dan Program Utama. Selanjutnya diolah oleh tim GIS dan Land-Use Planning ke dalam peta tematik.

Foto. TPD (Tim Pemetaan Desa) bersama pemdes dan SDC verifikasi 5 peta tematik Desa Sajang, Kecamtan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur (KpSHK, 30/11/2020).

Desa akan memiliki  berbagai peta tematik diantaranya Peta Potensi Sumberdaya Alam Desa, Peta Penggunaan Lahan Pertanian, Peta Kerentanan Bencana, Peta Tata Kelola Sumber daya Air dan Irigasi, dan Peta Kawasan Konservasi Tinggi / Nilai Konservasi Tinggi (HCV/NKT).

Peta Tematik tersebut diverifikasi bersama-sama TPD, SDC dan Pemdes untuk memberikan masukan serta koreksi kembali pada peta yang sudah dicetak. Selanjutnya hasil verifikasi akan diinput ke dalam peta dan dicetak ulang menjadi peta tematik di desa.

 

Foto. TPD (Tim Pemetaan Desa) bersama Pemdes dan SDC verifikasi 5 Peta Tematik Desa Dara Kunci Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, NTB (KpSHK, 01/12/2020).

 

Foto. TPD (Tim Pemetaan Desa) verifikasi peta tematik Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB (KpSHK, 29/11/2020).

Kegiatan ini atas dukungan Uni Eropa untuk  Mempromosikan Inisiatif Ekonomi Hijau sektor Pertanian Berkelanjutan dalam meningkatkan produktivitas pertanian, ketahanan pangan, peluang kerja yang layak dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif menuju pencapaian SDG2, SDG5, dan SDG8 di Indonesia.

#SDC/KpSHK

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...