Berita

Konsorsium Pendukung Sistem Hutan Kerakyatan
01
Nov

Kunjungan Monitoring GPM MCA-Indonesia di Kolaka

Pelaksanaan kegiatan Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) di Kelurahan Sakuli yang merupakan Wilayah dampingan Konsorsium KPSHK (KpSHK, YAPPI-Sultra, LaPAK-Sultra) yang di dukung oleh MCA-Indonesia.

Lokasi dampingan Konsorsium KPSHK mendapat kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi dari General Project Manager (GPM) MCA-Indonesia (23/10/2017). Ilya M. Moeliono (Capacity Development Specialist) dan Trias H. Utomo (Monitoring & Evaluation Specialist) melakukan kunjungan langsung ke Rumah Ketel Penyulingan Minyak Atsiri Daun Cengkeh di Sakuli.

Rumah Ketel Penyulingan Minyak Atsiri Daun Cengkeh merupakan salah satu asset dari Program PSDABM yang diperuntukan bagi Petani Kelurahan Sakuli selaku masyarakat dampingan, dengan penyulingan minyak atsiri ini daun cengkeh memiliki nilai ekonomi tinggi dan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dampingan.

Selain melakukan kunjungan ke Rumah Ketel Penyulingan Minyak Atsiri, Tim Monitoring juga melakukan kunjungan ke Tempat Pembibitan Sementara (TPS), Pondok Kerja Kelompok Tani Hutan, dan mengunjungi langsung Kelompok Wanita Tani (KWT) di Sakuli.

Tim Monitoring GPM MCA-Indonesia memanatau langsung pembangunan Rumah Ketel Penyulingan Minyak Atsiri Daun Cengkeh di Kelurahan Sakuli, Kolaka, Sulawesi Tenggara, (23/10/2017).

Tim Monitoring GPM MCA-Indonesia memanatau langsung pembangunan Rumah Ketel Penyulingan Minyak Atsiri Daun Cengkeh di Kelurahan Sakuli, Kolaka, Sulawesi Tenggara, (23/10/2017).

Trias H. Utomo (Monitoring & Evaluation Specialist) GPM MCA-Indonesia mengatakan, “Semoga bangunan yang ada tidak mangkrak, dapat terkelola dengan baik, ada aturan main kegiatan usahanya, sehingga dapat menjadi kegiatan berkelanjutan serta bermanfaat bagi masyarakat di Kelurahan Sakuli dalam pengentasan kemiskinan. Kemudian aset yang ada diharapkan setelah berakhir program dapat diserahterimakan kepada lembaga pengelola sarana prasarana.”

Kunjungan Tim Monev GPM MCA-Indonesia ke Kelompok Wanita Tani Kelurahan Sakuli, Kolaka, Sulawesi Tenggara. (23/10/2017).

Kunjungan Tim Monev GPM MCA-Indonesia ke Kelompok Wanita Tani Kelurahan Sakuli, Kolaka, Sulawesi Tenggara. (23/10/2017).

Tim Monitoring Evaluasi GPM MCA-Indonesia memastikan hasil kerajinan tangan yang berasal dari bahan limbah plastik minuman gelas dan bambu yang dibuat oleh Kelompok Wanita Tani di Sakuli, “KWT diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas serta mampu memasarkan hasilnya” ungkap Ilya sebelum mengakhiri kunjungannya di Sakuli.

Lebih lanjut Trias mengungkapkan setelah selesai program ini semoga berbagai kegiatan program PSDABM dapat melebur dalam kemakmuran hijau, diantaranya Kelompok Petani Hutan dan Kelompok Wanita Tani Sakuli dapat memelihara pohon yang telah ditanam dalam program ini sehingga bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan petani hutan dan kelestarian hutan Sakuli.

#KpSHK/Mastukidun/MK-Kolaka#

 

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...