Berita

Konsorsium Pendukung Sistem Hutan Kerakyatan
H. Artim tokoh perubahan dengan Aftinal KPSHK
03
May

Ketua HKm Santong Dinobatkan Sebagai Tokoh Perubahan

Hutan Kemasyarakatan (HKm) Santong terletak di Desa Santong Kecamatan Kayangan Kabupaten  Lombok Utara. Areal HKm berada pada lokasi hutan produksi terbatas dengan luas 221 hektar. Abidin Tuarita sebagai Pendamping Senior HKm di NTB dan saat ini sebagai Koordinator Wilayah Lombok pada program Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) bersama Konsorsium KPSHK dan KONSEPSI di NTB yang didukung oleh MCA – Indonesia. Abidin Tuarita bersama H. Artim yang saat itu menjabat Kepala Desa Santong menjadi pelopor berdirinya HKm Santong pada tahun 1989.

Artim bersama anggota masyarakat kemudian membentuk  Kelompok Tani Hutan (KTH), yang selanjutnya melebur ke dalam wadah yang lebih besar yaitu Koperasi Tani “Maju Bersama” HKm Santong pada tahun 2000.  Pria kelahiran 1 Januari 1966 kemudian menjabat sebagai Ketua Koptan Santong dari tahun 2000 sampai saat ini.

H. Artim Yahya tokoh pembaharuan HKm Santong

H. Artim Yahya Tokoh Perubahan HKm Santong

HKm Santong menjadi salah satu HKm di Kabupaten Lombok Utara yang ditetapkan oleh Menteri Kehutanan sebagai lokasi kerja HKm melalui SK No. 447/Menhut-II/2009 tanggal 6 Agustus 2009 seluas 220,40 hektar. Kemudian Bupati Lombok Utara menerbitkan izin pengelolaan (IUPHKm) melalui SK No.  297/1195.b/DPPKKP/2011 tanggal 23 September 2011. Tahun 2016 HKm Santong meraih juara 2 lomba wana lestari tingkat nasional yang membawa H.Artim Yahya untuk dapat hadir di Istana Negara Jakarta.  Sejak Juni 2016 atas kerjasama Konsorsium KPSHK dan KONSEPSI, HKm Santong menjadi salah satu lokasi Proyek Kemakmuran Hijau atas dukungan MCA-Indonesia melalui PSDABM dengan tema Peningkatan Akses Kelola dan Fungsi Layanan Ekosistem Hutan bagi Masyarakat Desa Hutan secara Lestari di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara.

Harian Republika menobatkan 6 Tokoh Perubahan pada  acara malam penganugerahan Tokoh Perubahan Republika 2016 di Jakarta (25/4/17).  Selama satu tahun penuh sepanjang 2016 Republika menerima puluhan nama tokoh yang diusulkan menjadi Tokoh Perubahan Republika 2016. Kemudian ditetapkan enam tokoh yang dinilai terbaik sebagai Tokoh Perubahan. H. Artim Yahya menjadi salah satu Tokoh Perubahan 2016, dari 5 tokoh lainnya yaitu Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati,  Pendiri BMT Beringharjo Yogyakarta Mursida Rambe, Pendiri Universitas Amikom Yogyakarta M. Sutanto, Bidan Inspiratif sekaligus Pendiri Yayasan Bumi Sehat Bali Robin Lim, dan Pendiri perusahaan kosmetik PT Paragon Technology and Innovation/PTI (Wardah Cosmetics) Nurhayati Subakat.

#KpSHK/KM Lombok#

2 Responses

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...