Berita

Konsorsium Pendukung Sistem Hutan Kerakyatan
Modul Panduan Pelaksanaan ToT Kader SHK Melalui Modul Pengisian PIN Plan Vivo
25
Jan

Modul Panduan PIN Plan Vivo Program PSDABM

KPSHK. Bogor, Januari 2017.

Konsorsium KPSHK bekerjasama dengan anggota Konsorsium di wilayah  Lombok Timur, Lombok Utara dan Kolaka yaitu KONSEPSI, YAPPI-Sultra dan LaPAK-Sultra dalam melaksanakan Program Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) Lot.2 MCA-Indonesia (Juli 2016 s/d Desember 2017), dengan tema “Peningkatan Akses Kelola dan Fungsi Layanan Ekosistem Hutan bagi Masyarakat Desa Hutan secara Lestari di Lombok Timur, Lombok Utara dan Kolaka”.

Hasil yang diharapkan dari intervensi program ini adalah peningkatan akses kelola dan pemanfaatan hasil hutan oleh masyarakat dan peningkatan tata kelola hutan berbasis masyarakat sesuai prinsip hutan lestari rendah emisi.

“Planos Vivos (rencana yang hidup)” yaitu rencana pengelolaan lahan yang ditulis, dihasilkan dan dimiliki oleh masyarakat atau kelompok masyarakat atau petani kecil, yang dapat menjadi dasar kesepakatan untuk pembayaran jasa lingkungan.

Penerapan prinsip tata kelola hutan lestari rendah emisi melalui Standard Plan Vivo, merupakan kerangka kerja sertifikasi untuk imbal jasa ekosistem berbasis masyarakat (Payment on Ecosystem Services, PES) yang dilakukan petani kecil dan kelompok masyarakat yang melakukan pengelolaan sumber daya alam yang lebih baik. Plan Vivo Standard dirancang untuk memastikan program-program Plan Vivo memberikan manfaat bagi penghidupan masyarakat, memperbaiki ekosistem, dan melindungi keanekaragaman hayati.

Registrasi Project Idea Note (PIN) dan Project Design Document (PDD) Carbon Reduction Standard Plan Vivo, akan dilaksanakan oleh Konsorsium KPSHK melalui beberapa rangkaian kegiatan diantaranya training penyusunan dokumen PIN dan PDD Standard Plan Vivo, pembuatan Modul pengisian PIN Plan Vivo, sosialiasi proses sertifikasi Plan Vivo berdasarkan prinsip FPIC kepada kelompok tani hutan, pendampingan penyusunan dokumen PIN/PDD Plan Vivo, training pengukuran dan analisis stok karbon, registrasi PIN dan PDD, serta Validasi standar Plan Vivo.

Konsorsium KPSHK telah menyusun “Panduan Pelaksanaan ToT Kader SHK Melalui Pengisian PIN Plan Vivo”. Masyarakat khususnya kelompok tani hutan diharapkan melalui modul ini dapat mengetahui skema sertifikasi karbon internasional, mengetahui dan memahami cara pengisian dokumen PIN Plan Vivo, serta memahami cara pengukuran karbon di lapangan.

#KPSHK#

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...