Berita

Konsorsium Pendukung Sistem Hutan Kerakyatan
Membuat kerajinan bambu oleh Kelompok Wanita Tani di lingkungan Kayangan, Kelurahan Sakuli, Kolaka
05
Dec

Kerajinan Bambu Perempuan Kayangan

KPSHK. Bogor, November 2016.

Memasuki kuartal dua program Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) yang di dukung oleh MCA – Indonesia di Sakuli yang dikelola oleh YAPPI dan LaPAK Sultra sebagai anggota Konsorsium KPSHK, kegiatan Kelompok Wanita Tani telah memproduksi kerajinan tangan yang dibuat dari bambu diantaranya kipas, vas bunga, tempat pulpen/pensil, asbak, gelas, bingkai foto, tempat minuman gelas mineral, baki, dan taplak meja.

Hasil kerajinan bambu Kelompok Wanita Tani di lingkungan Kayangan, Kelurahan Sakuli, Kolaka

Hasil kerajinan bambu Kelompok Wanita Tani di lingkungan Kayangan, Kelurahan Sakuli, Kolaka

Usaha kerajinana tangan dari bambu yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani di Sakuli terdiri dari Kelompok Wanita Tani Bersatu dan Kelompok Wanita Tani Duku yang kegiatannya mendapat pendampingan secara rutin dari anggota konsorsium KPSHK.

Alat-alat yang dipergunakan dalam pembuatan kerajinan tangan dari bambu masih menggunakan alat bantu seadanya berupa gergaji kayu, parang, pisau dapur, ampelas dan cat minyak seadanya seperti yang disampaikan oleh ibu-ibu dari Kelompok Wanita Tani Duku dan Kelompok Wanita Tani Bersatu pada sela-sela perbincangan dengan ketua dan anggota konsorsium KPSHK pada tanggal 28 dan 29 November 2016. Menanggapi keluhan dari ibu-ibu kelompok tani tentang alat kerja, Mohammad Djauhari  Penanggung Jawab Program Konsorsium KPSHK akan mengusahakan alat kerja yang dibutuhkan oleh kelompok.

Kelompok Wanita Tani Duku di lingkungan Kayangan, Kelurahan Sakuli, Kolaka

Kelompok Wanita Tani Duku di lingkungan Kayangan, Kelurahan Sakuli, Kolaka

Mohammad Djauhari dalam kunjungannya ke Kelompok Wanita Tani  Bersatu dan Kelompok Wanita Tani Duku serta anggotanya di lingkungan Kayangan, Kelurahan Sakuli, Kolaka berharap pembuatan kerajinan ini lebih ditingkatkan kualitasnya agar mudah dipasarkan di tingkat regional, nasional bahkan internasional. Anggota perempuan yang memiliki keterampilan mengukir dan melukis agar bisa menularkan keahliannya pada anggota kelompok  yang lain.

(#KPSHK/ MK  Sakuli-Kolaka).

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...